Transcription

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI RUMAHDENGAN UANG MUKAKami yang bertanda tangan di bawah ini:1. NamaTempat, Tgl LahirPekerjaanAlamatNomor KTP::::: . . . . . .Dalam hal ini bertindak atas nama diri pribadi yang selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama(Penjual)2. NamaTempat, Tgl LahirPekerjaanAlamatNomor KTP::::: . . . . . .Dalam hal ini bertindak atas nama diri pribadi yang selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua(Pembeli)Pada hari ini tanggal ( . ) bulan . Tahun ( . . ), Pihak pertama dengan ini berjanji untuk menyatakan dan mengikatkandiri untuk menjual kepada pihak kedua dan pihak kedua juga berjanji menyatakan serta mengikatkan diriuntuk membeli dari pihak pertama berupa:Sebidang Tanah dengan Hak . . yang diuraikan dalam nomorsertifikat tanah: . , yang berlokasi di alamat lengkap . . ,dengan ukuran tanah: panjang . .m ( . . meter),lebar .m ( . . .meter), luas tanah . . .m2( . meter persegi), berikut bangunan rumah yang berdiri diatasnya seluas .m2 ( . meter persegi). Dengan batas-batassebagai berikut:

sebelah Baratsebelah Timursebelah Utarasebelah Selatan: berbatasan dengan .: berbatasan dengan .: berbatasan dengan .: berbatasan dengan .Kedua belah pihak bersepakat untuk mengadakan ikatan perjanjian jual – beli Rumah dimana syarat danketentuannya diatur dalam 11 (sebelas) pasal, seperti berikut di bawah ini:Pasal 1HARGAJual beli tanah dan rumah tersebut dilakukan dan disetujui oleh masing-masing pihak dengan ketentuanharga sebagai berikut:1. Harga tanah per meter persegi Rp . ,00 atau jumlah uangterbilang (dalam huruf) . Rupiah,sehingga keseluruhan harga tanah tersebut adalah : Rp . ,00ataujumlahuangterbilang(dalamhuruf) . Rupiah.2. Harga bangunan rumah adalah Rp . ,00 atau jumlah uangterbilang (dalam huruf) .Rupiah.3. Harga keseluruhan tanah dan bangunan rumah adalah Rp . ,00ataujumlahuangterbilang(dalamhuruf) . Rupiah.Pasal 2CARA PEMBAYARANPIHAK KEDUA akan membayar kepada PIHAK PERTAMA atas tanah dan bangunan rumah yang dibelinyasebesar Rp . ,00 atau jumlah uang terbilang (dalam huruf) . Rupiah, secara ( tunai / kredit )selambat-lambatnya ( ) hari / minggu / bulan setelah ditanda-tanganinya surat perjanjianini.Pasal 3UANG TANDA JADI

1. PIHAK KEDUA akan memberikan uang tanda jadi sebesar Rp ,00 atau jumlah uangterbilang (dalam huruf) kepada PIHAK PERTAMA dimana penyerahan uang tersebut dilakukan setelah penandatanganan Surat Perjanjian ini.2. Sisa pembayaran sebanyak Rp ,00 atau jumlah uang terbilang (dalamhuruf) akan dibayarkan PIHAK KEDUA sesuai Pasal 2perjanjian ini.Pasal 3*BESARNYA UANG MUKA DAN UANG CICILANBesarnya uang cicilan untuk selama waktu sebagaimana tercantum dalam pasal 2 tersebut di atas,adalah sebagai berikut:1. Uang muka atau DP (Down Payment) sebesar . % ( dalam huruf sejumlah . persen ) dari keseluruhan harga tanah yang disepakatisesuai pasal 2. Jumlah total uang muka yang akan diberikan adalah sebesar Rp ,00(dalamhurufsejumlah Rupiah) dan akan diberikan PihakKedua kepada Pihak Pertama selambat-lambatnya pada Tanggal . ( . .)Bulan . . Tahun . ( . ) setelah penandatanganan Surat perjanjian ini.2. Lama jangka waktu cicilan adalah ( ) bulan / tahun. Cicilandibayar per tanggal . ( . ) setiap bulannya secara ( tunai / transfer )ke Pihak Pertama. Sedangkan untuk jumlah bunga cicilan ditentukan sebesar %( persen) sesuai kesepakatan Pihak Pertama dan Pihak Kedua sebagai berikut: 3. Cicilan Pertama sebesar Rp ,00 (dalam huruf sejumlah Rupiah) akan dibayarkan Pihak Kedua kepadaPihak Pertama selambat-lambatnya pada Tanggal . ( . . ) Bulan . .Tahun . ( . . )4. Cicilan Terakhir sebesar Rp ,00 (dalam huruf sejumlah Rupiah) akan dibayarkan Pihak Kedua kepadaPihak Pertama selambat-lambatnya pada Tanggal . ( . . ) Bulan . .Tahun . ( . .)Pasal 4JAMINAN DAN SAKSI

Pihak Pertama menjamin sepenuhnya bahwa Tanah yang dijualnya adalah milik sah atau hak pihakpertama sendiri dan tidak ada orang atau pihak lain yang turut mempunyai hak, bebas dari sitaan, tidaktersangkut dalam suatu perkara atau sengketa, hak kepemilikannya tidak sedang dipindahkan atau sedangdijaminkan kepada orang atau pihak lain dengan cara bagaimanapun juga, dan tidak sedang atau telahdijual kepada orang atau pihak lain.Apabila PIHAK PERTAMA, Tidak memberikan atau menyertakan dan memperlihatkan sertifikat asli tanahhak milik tersebut selambat-lambatnya Tanggal . ( . . ) Bulan . . Tahun . ( . . ) kepada PIHAK KEDUA, maka PIHAKPERTAMA bersedia menerima tuntutan dari PIHAK KEDUA untuk memperkarakan tuntutan kepengadilan jika syarat (Sertifikat Asli) yang ditentukan tidak dipenuhi.Jaminan pihak pertama dikuatkan oleh dua orang yang turut menandatangani Surat Perjanjian ini selakusaksi.Kedua orang saksi tersebut adalah:1. Nama: .Tempat, Tgl Lahir: .Pekerjaan: .Alamat: .Hubungan Kekerabatan : .Selanjutnya disebut sebagai Saksi I2. Nama: .Tempat, Tgl Lahir: .Pekerjaan: .Alamat: .Hubungan Kekerabatan : .Selanjutnya disebut sebagai Saksi II.Pasal 5PENYERAHANPihak pertama berjanji serta mengikatkan diri untuk menyerahkan tanah berikut bangunan rumahtersebut di dalam keadaan kosong beserta kunci-kuncinya kepada pihak kedua selambat-lambatnya ( ) hari / minggu / bulan.

Pasal 6STATUS KEPEMILIKANSejak ditandatanganinya Surat Perjanjian ini maka tanah dan bangunan rumah tersebut di atas besertasegala keuntungan maupun kerugiannya sepenuhnya menjadi hak milik Pihak Kedua.Pasal 7PEMBALIKNAMAAN KEPEMILIKAN1. Pihak pertama wajib membantu pihak kedua dalam proses pembaliknamaan atas kepemilikanhak tanah dan bangunan rumah tersebut dalam hal pengurusan yang menyangkut instansiinstansi terkait, memberikan keterangan-keterangan serta menandatangani surat-surat yangbersangkutan serta melakukan segala hak yang ada hubungannya dengan pembaliknamaan sertaperpindahan hak dari Pihak Pertama kepada Pihak Kedua.2. Segala macam biaya yang berhubungan dengan balik nama atas tanah dan bangunan rumah dariPihak Pertama kepada Pihak Kedua dibebankan sepenuhnya kepada (Pihak Kedua/PihakKedua*)Pasal 8PAJAK, IURAN, DAN PUNGUTANKedua belah pihak bersepakat bahwa segala macam pajak, iuran, dan pungutan uang yang berhubungandengan tanah dan bangunan rumah di atas:1. Sebelum hingga ditandatanganinya Surat Perjanjian ini maka segala macam pajak, iuran, danpungutan yang berhubungan dengan dan dan bangunan rumah di atas masih tetap menjadikewajiban dan tanggung jawab Pihak Pertama.2. Setelah ditandatanganinya perjanjian ini dan seterusnya semua hal tersebut di atas sepenuhnyamenjadi kewajiban dan tanggung jawab Pihak Kedua.Pasal 9MASA BERLAKUNYA PERJANJIANPerjanjian ini tidak berakhir karena meninggal dunianya pihak pertama, atau karena sebab apapun juga.Dalam keadaan demikian maka para ahli waris atau pengganti pihak pertama wajib mentaati ketentuanyang tertulis dalam perjanjian ini dan pihak pertama mengikat diri untuk melakukan segala apa yang perluguna melaksanakan ketentuan ini.

Pasal 10HAL-HAL LAINHal-hal yang belum tercantum dalam perjanjian ini akan dibicarakan serta diselesaikan secarakekeluargaan melalui jalan musyawarah untuk mufakat oleh kedua belah pihak.Pasal 11PENYELESAIAN PERSELISIHANApabila Pihak Pertama melanggar kesepakatan yang tercantum dalam Pasal 4 ayat 3 tentang penyerahandan melihatkan sertifikat asli kepada Pihak Kedua sebagaimana syarat peralihan hak / pembalikkan namakepemilikan maka Pihak Pertama bersedia menerima tuntutan Pihak Kedua yaitu tuntutan ke pengadilanjika syarat (Sertifikat Asli) yang ditentukan tidak dipenuhi. Tentang perjanjian ini dan segala akibatnyakedua belah pihak memilih menyelesaikan perkara di . (Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri).Demikianlah Surat Perjanjan ini dibuat dalam 2 (dua) rangkap yangkekuatan hukum yang sama, ditandatangani kedua belah pihak Tanggal ( . ) Bulan . . ), dalam keadaan sadar serta tanpapihak manapunPIHAK PERTAMA,( . . )Saksi-Saksi:bermaterai cukup dan mempunyaidi pada Hari . Tahun (adanya paksaan atau tekanan dariPIHAK KEDUA,( . . )

SAKSI PERTAMA,( . . )SAKSI KEDUA,( . . )*Coret yang tidak perlu. (Disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi yang terjadi sesungguhnya)

Pasal 6 STATUS KEPEMILIKAN Sejak ditandatanganinya Surat Perjanjian ini maka tanah dan bangunan rumah tersebut di atas beserta segala keuntungan maupun